inmocARd Sulap Kartu Nama Jadi Game dengan Teknologi Augmented Reality

- Juni 14, 2017
advertise here
advertise here
Dalam komunikasi bisnis, bertukar kartu nama sudah menjadi hal yang pasti dilakukan. Tidak aneh pula jika kemudian kita memiliki puluhan bahkan ratusan kartu nama dari semua rekan atau klien.
inmocARd Sulap Kartu Nama Jadi Game dengan Teknologi Augmented Reality

Lalu bagaimana membuat kartu nama kita unik? Inmotion hadirkan solusinya, sebuah kartu nama yang juga game. Produk ini mereka sebut inmocARd.

Segitiga.Net berkesempatan melakukan wawancara eksklusif dengan Inmotion terkait kartu nama dengan teknologi augmented reality ini, yang pertama kali dikenalkan saat pergelaran acara Game Networking Jakarta 2015 bulan Maret lalu.

Bagaimana sih sampai muncul ide untuk menyulap kartu nama menjadi game?

Mengusung semangat Play Inspire, Inmotion selalu berusaha menjadikan keseharian hidup yang selama ini terkesan biasa-biasa saja, bahkan bisa jadi membosankan bagi sebagian orang, menjadi luar biasa, dengan menerapkan prinsip-prinsip game di dalamnya. Istilah populernya: gamification.

Kartu nama inmocARd ini dikembangkan untuk memperkenalkan ke publik kemampuan Inmotion menerapkan teknologi Augmented Reality dalam sesuatu yang se-biasa kartu nama.

Ketika prototipe versi pertama inmocARd dibagikan pada pengunjung Game Networking Jakarta pada Maret 2015, reaksi yang diperoleh sangat positif. Mereka kaget menjumpai kartu nama bisa dimainkan. Tapi, lebih penting dari itu, kami bisa berinteraksi dengan kolega dan partner bisnis dengan lebih praktis. Katakanlah, misalnya, kantor Inmotion pindah lokasi, bisa saja informasi itu kami sampaikan lewat inmotioncARd yang telah dibagikan itu.

Yang mau coba game-nya, tapi tidak punya kartu namanya, musti bagaimana?

Tiap kru Inmotion memiliki kartu inmocARd, masing-masing dengan desain karakter dan gameplay yang unik sesuai role-nya. Semua game bisa diakses siapa pun gratis lewat satu aplikasi, yang saat ini telah dirilis di Google Play Store, dan disiapkan untuk segera dirilis di iTunes App Store.

Untuk memainkannya, yang dibutuhkan adalah aplikasi dan kartu inmocARd. Kami telah menyiapkan file PDF yang bisa diunduh lewat inmotion.asia/card. Lalu, silakan cetak sendiri kartunya. Pakai kertas apa pun, bisa kok.

Tapi, tentu saja, kami siap menyambut siapa pun yang ingin mampir ke kantor Inmotion dan berkenalan langsung dengan kru Inmotion. Lebih asyik, kan?

Alamat Inmotion:
Jl. Cemara no. 22, Bandung 40161

Lalu berapa lama pengembangan inmocARd in, dan apa yang menjadi tantangan paling besar?

Dalam tiap pengembangan sebuah game, kami menerapkan rapid prototyping. Versi pertama yang bisa dimainkan, tepatnya yang dibawa ke Game Networking Jakarta 2015, kami selesaikan dalam 2 hari. Hingga saat ini pun fitur-fiturnya masih terus kami kembangkan.

Ada rencana apa nih ke depannya untuk produk ini? Apa tetap dibuat eksklusif, atau ada rencana lainnya?

Oh, siapa pun bisa memainkan inmocARd kok. Asalkan, punya kartu dan aplikasinya.

Saat ini kami menyiapkan leaderboard sembari terus memoles GUI. Ke depannya, kami menggodok berbagai kemungkinan fitur yang lebih kompleks. Misalnya PvP, di mana beberapa kartu karakter bisa diadu atau bahkan co-op untuk mencapai misi tertentu. Nantikan perkembangannya ya, hehehe

Sementara terkait teknologi AR, sebetulnya potensi penerapannya tidak terbatas untuk kartu nama belaka. Bisa juga medium komunikasi lainnya, misalnya buku, apparel, dan lain-lain. Bahkan, saat ini kami menjalankan riset intensif untuk mengombinasikannya dengan teknologi VR (Virtual Reality). Yuk, jika ada yang berminat berkolaborasi dengan kami, jangan sungkan-sungkan mengontak info@inmotion.web.id.

Lewat teknologi dan gamifikasi, kita bisa lho menjadikan pengalaman hidup terasa lebih seru dan bermanfaat untuk kebaikan bersama.

Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search