7 Tips Langkah Penting Untuk Memasarkan Game Edukasi

- Juni 14, 2017
advertise here
advertise here
Terkadang ada beberapa game edukasi yang memiliki konten yang sangat bagus, akan tetapi memiliki jumlah unduhan yang sangatlah sedikit.
7 Tips Langkah Penting Untuk Memasarkan Game Edukasi

Mengapa demikian? Hal tersebut bisa saja terjadi karena kurang tepatnya melakukan langkah pemasaran. Lalu bagaimana langkah yang tepat untuk melakukan pemasaran game edukasi? Berikut 7 tips yang bisa dilakukan untuk memasarkan game edukasi.

1. Buatlah Rencana


Segala hal kegiatan, perlu dilakukan rencana terlebih dahulu. Ketika ingin memasarkan game edukasi, perlu dipikirkan dengan matang, goal yang ingin dicapai. Buatlah rencana tersebut spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan dan tepat waktu. Membuat timeline yang detil, juga bisa membantu bahkan menjadikan perencanaan lebih mudah serta langsung ke intinya.

2. Melibatkan Pihak-Pihak yang Berpengaruh


Sebelum mengirim press release, ada baiknya untuk membuat list media-media, atau para penulis blog yang memang memiliki pengaruh. Dengan melakukan hal ini, kita bisa meraih pasar yang potensial secara efektif.

3. Pemasaran Kreatif Melalui Social Media


Social media sejenis facebook, twitter dan lain sebagainya, adalah sebuah media pemasaran yang sangat menarik, karena kita bisa membangun relasi kepada para audiens secara langsung. Untuk hal pemasarann, social media bisa digunakan secara visual tentang informasi game edukasi yang telah dibuat, selain itu kita juga bisa mengadakan sebuah promo yang lebih mudah, bahkan membuat sebuah bocoran tentang game yang akan dirilis.

4. Telurusi berbagai opsi alternatif


Para developer perlu mengetahui bahwa setiap social media, memiliki audiens yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu diperhatikan juga bagaimana perilaku audiens, agar nantinya bisa dirancang sebuah alternatif pemasaran yang efektif, di setiap social media yang berbeda. Contohnya facebook cenderung untuk engaging para fans, sedangkan instragam cenderung lebih memperlihatkan screenshot atau pemasaran secara visual.

5. Gratis Sangat Digemari


Siapa yang tidak suka dengan suatu hal gratisan? Kita bisa mendapatkan follower, fans dan lain sebagainya dengan mengadakan suatu event gratisan. Tidak perlu selalu gratis, kita bisa memberikan diskon spesial yang hanya berlaku di satu waktu. Jangan lupa juga untuk melakukan press release kepada para media tentang hal ini.

6. Tingkatkan Rating


Melakukan optimasi app store untuk menambah rating, juga sangat efektif untuk memasarkan game edukasi. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan judul game yang catchy, atau logo yang menarik. Kamu juga bisa menggunakan seorang yang telah berpengalaman di bidang copywriting, untuk menulis deskripsi yang detil serta memiliki kata-kata yang paling sering dicari di mesin pencarian. Dengan begitu, game edukasi yang kita buat akan memperoleh peningkatan rating.

7. Atur Strategi Setelah Game Rilis


Setelah hari perilisan game, bukan berarti kerja sebagai developer telah selesai. Kita perlu memikirkan strategi baru, karena sebuah game akan hilang kepopulerannya seiring berjalannya waktu.

Tips di atas memang tidak menjamin 100% bahwa pemasaran game edukasimu akan laku besar, akan tetapi tips tersebut bisa digunakan untuk membantu dalam melakukan pemasaran game edukasi.

Teman-teman gamer memiliki tips yang lebih ampuh? Yuk share!
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search