Ciri-ciri Toko Online Penipu

- Mei 14, 2017
advertise here
advertise here
Jaman sekarang ini untuk mengerjakan berbagai hal serba mudah, semenjak adanya perkembangan teknologi informasi seperti internet. Kita bisa mengakses berbagai informasi, berita, berkomunikasi dengan teman, dll dengan cepat dan mudah. Bahkan untuk bertransaksi online seperti beli barang sangat mudah dan cepat. Kita hanya perlu duduk manis dan laptop terkonekasi dengan internet, kita bisa belanja memilih produk yang kita inginkan.
Ciri-ciri Toko Online Penipu

Dari berbagai kemudahan tersebut, ternyata menyimpan resiko yang cukup besar. Yakni berisiko ditipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sudah ada banyak kasus penipuan baik berkedok bisnis online, mesin pencetak rupiah, PPC, PTC, maupun toko online. Sebagai masyarakat Indonesia yang baru melek teknologi, sebaiknya kita perlu hati-hati dan waspada dalam mengeluarkan uang di internet. Atau anda akan menyesal dikemudian hari. Waspadalah!

Ciri-ciri Toko Online Penipu

Jika anda gemar belanja di Toko Online, baik yang sudah terbiasa belanja ataupun masih pemula, tentu harus selalu waspada. Anda perlu mengidentifikasi terlebih dahulu situs tersebut, menganalisis, dan menilai apakah online shop tersebut terpercaya atau tidak. Anda jangan langsung percaya begitu saja dengan iming-iming harga murah, diskon, obral, bebas ongkos kirim, bonus, dan lain sebagainya.

Kebetulan saya juga pernah beli produk di salah satu Toko Online, yakni beli domain dan hosting untuk pembuatan blog ini 😀 . Sebelum saya beli di situs tersebut, saya melakukan identifikasi dulu baik dari segi harga produk yang dijual, kualitas produk, maupun pelayanan nya. Setelah mantap, baru deh saya beli produknya. Alhamdulillah sampai sekarang saya belum pernah tertipu dari Toko Online. Baca juga Penyebab Postingan Hilang dari SERP Google.

Nah, agar anda tidak tertipu saat belanja di internet, berikut ini adalah Ciri-ciri Toko Online Penipu.

1. Produk yang Dijual Jauh Lebih Murah diBandingkan dengan Toko Resmi


Sebaiknya jangan terlalu tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Silahkan terlebih dahulu bandingkan antara harga produk di toko online tersebut dengan harga di toko resmi. Apabila harga nya terlalu murah, misal selisih 50%, patut dicurigiai. Bisa jadi itu toko online bodong. Apabila kasusnya demikian, silahkan urungkan niat anda untuk membeli produk di toko online tersebut.

2. Nama Rekening Bank Sering Ganti-ganti


Biasanya nama rekening yang digunakan untuk transaksi bagi toko online resmi tidak pernah ganti-ganti. Sebagai contoh, nama rekening pihak IdWebhost dari tahun ke tahun ya itu-itu saja, alias nggak pernah ganti. Nah, apabila anda menjumpai toko online yang punya nama rekening yang sering ganti-ganti, anda perlu curiga. Karena bisa jadi dia punya nama rekening palsu yang digunakan khusus untuk menipu orang. Baca juga Niche Blog Terbaik untuk Google AdSense.

3. Tidak Menerima Pembayaran Melalui Rekening Bersama (Rekber)


Melakukan transaksi melalui rekening bersama jauh lebih aman ketimbang tidak. Nah, agar anda tidak tertipu saat belanja, sebaiknya anda gunakan rekening bersama saat bertransaksi. Meskipun biaya transaksi sedikit lebih mahal, saya kira tidak masalah, daripada uang anda melayang karena ditipu oleh Toko Online. Benar tidak? :D Nah, apabila ada sebuah toko online yang tidak mau atau tidak menerima transaksi via rekber, sebaiknya urungkan niat anda untuk berbelanja.

4. Tidak Punya Nomor Telpon Pemasaran Resmi


Salah satu ciri khas toko online resmi dan terpercaya, punya kantor di dunia offline, dan tentunya juga punya nomor telepon resmi untuk digunakan sebagai alat komunikasi. Nah, apabila si Toko Online hanya pakai nomor hape, patut dicurigai. Lebih baik jangan beli produk ditempat tersebut, karena dikhawatirkan anda akan ditipu.

5. Operator / Admin Toko Online Mencurigakan


Sebelum anda beli di situs Toko Online, sebaiknya anda tanya-tanya dulu kepada operator / admin nya. Bisa melalui chating, sms, ataupun Email. Apabila pembicaraannya terkesan mencurigakan, anda perlu waspada, karena bisa jadi modus penipuan.

Saya kira cukup sekian dulu informasi yang bisa saya share untuk anda sekalian tentang Ciri-ciri Toko Online Penipu. Mudah-mudahan dari uraian diatas, anda bisa lebih hati-hati dalam melakukan belanja di Toko Online. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya.
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search